Berita  

Senior Venop Cup Berlangsung Sukses, Zarfi Deson: Olahraga Bisa Menjauhkan Diri dari Narkoba

FIKIR.ID – Kejuaraan bola basket Senior Venom Cup 2023 yang berpusat di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan berlangsung sukses. Kejuaraan yang diselenggarakan pada 24-25 Juni 2023 itu diikuti oleh berbagai tim di Pesisir Selatan.

Ketua Basket Venom Yori Kayama mengatakan, kejuaraan Senior Venom Cup terbagi dalam dua kategori. Adapun kategori yang dipertandingkan yaitu putra dan putri.

Ia menjelaskan kejuaraan ini merupakan suatu wadah bagi atlet basket di Pessel untuk menunjukkan potensi dan kemampuannya. Dikatakan, Senior Venom Cup bukan lah yang pertama diselenggarakan di Lengayang.

“Dilihat dari setiap event yang selalu kami adakan, antusias peserta pun semakin bertambah dari tahun ke tahun,” kata Yori.

Yori berharap, dengan adanya kejuaraan ini bisa menjaring bibit muda. Selain itu, ia juga berharap bibit muda asal Pessel itu nantinya bisa berkarir di kancah nasional.

Lebih lanjut, Yori mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut mendukung dan memajukan dunia basket di Pesisir Selatan khususnya Kecamatan Lengayang.

“Semua ini tentu tidak terlepas dari dukungan semua pihak,” kata dia.

Secara khusus, ia mengucapkan terimakasih kepada anggota DPRD Sumbar Zarfi Deson dan Ketua DPK Golkar Lengayang Fajri Sanjaya.

Menurutnya, kedua tokoh itu selalu konsisten dan peduli akan generasi muda dan dunia olahraga. “Kedua tokoh ini sangat peduli dan punya perhatian lebih akan generasi muda dan juga dunia olahraga.

Hal ini terlihat dari keikutsertaan mereka dalam berbagai event anak muda,” katanya.

Ketua DPK Golkar Lengayang Fajri Sanjaya mengatakan, olahraga merupakan kegiatan yang positif. Sehingga, kata Fajri, kegiatan seperti Senior Venom Cup perlu diapresiasi dan didukung penuh.

Apalagi, sambungnya, olahraga merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan generasi muda agar tidak terjerumus dalam kenakalan remaja ataupun penyalahgunaan narkoba.

“Dengan adanya kegiatan positif, generasi muda dapat terhindar dari kegiatan yang dapat merusak diri sendiri dan orang lain seperti narkoba, pergaulan bebas dan perbuatan menyimpang lainnya,” katanya.

Selain dapat mengalihkan perhatian terhadap hal yang berbau negatif, dengan olahraga, kata Fajri, generasi muda juga dapat melahirkan prestasi. Baik itu ditingkat daerah ataupun nasional.

Senada dengan itu, anggota DPRD Sumbar Zarfi Deson juga mengajak seluruh generasi muda di Pessel agar aktif di kegiatan olahraga. Sebagai langkah awal, ia mengimbau untuk mulai membiasakan diri dengan beraktivitas olahraga secara rutin setiap hari.

Politisi Golkar itu mengaku prihatin akan maraknya kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba di Pessel. Terlebih, kebanyakan dari generasi muda itu masih berstatus sebagai pelajar.

Untuk meminimalisir hal tersebut, Deson mengajak generasi muda untuk aktif dalam kegiatan positif yang ada di tempat tinggal mereka. Itu bisa berupa kegiatan keagamaan, olahraga, budaya, ekonomi dan semacamnya

Dengan begitu, sambungnya, generasi muda tidak terjerumus dengan hal-hal yang tidak diinginkan.

Lebih lanjut ,Deson menuturkan, generasi muda merupakan generasi penerus bangsa. Sebagai aset negara, maka masib bangsa, kata dia, tergantung pada mereka.

“Jangan sampai generasi muda kita terpengaruh dari lingkungan yang kurang baik, dan akses informasi yang tidak sesuai dengan budaya di Pessel,” tegasnya.

Anggota Komisi III DPRD Sumbar itu juga meminta kepada generasi muda untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin modern.

Dia berharap, generasi muda agar jangan sampai terseret arus negatif. Dibutuhkan peran aktif semua pihak untuk membentengi generasi penerus daerah ini.

“Kita perlu sosok generasi muda yang tangguh dan handal, memiliki ide yang inovatif dan kreatif untuk bersaing,” pungkasnya