Berita  

Semarakkan Tahun Baru Islam, LDS Lengayang Gelar Apel Akbar dan Pawai Ta’aruf

FIKIR.ID – Dalam rangka menyemarakkan tahun baru Islam 1445 Hijriah, Lembaga Didikan Subuh (LDS) Kecamatan Lengayang menggelar Apel Akbar dan Pawai Taaruf 1 Muharam 1445 Hijriah, Rabu (19/7).

Apel akbar dan pawai ta’aruf ini dipusatkan di Lapangan Telaga Harapan, Pasar Kambang dan diikuti oleh seluruh lembaga didikan subuh di kecamatan tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Pesisir Selatan Mawardi Roska, anggota DPRD Sumbar Zarfi Deson, Camat Lengayang Alfiyendri, Kapolsek Lengayang Iptu Gusmanto, forkopimca Lengayang serta tamu undangan lainnya.

Ketua LDS Kecamatan Lengayang Arib Rahman mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan membantu suksesnya acara tersebut.

Ia mengatakan, tanpa dukungan dan peran serta dari semua pihak, mustahil acara tersebut berlangsung sukses. Ia mengaku puas akan suksesnya acara, akan tetapi, tetap akan ada evaluasi untuk perbaikan di masa mendatang.

Dikatakan Arib, kegiatan Apel Akbar dan Pawai Taaruf ini diikuti oleh 120 lembaga didikan subuh di Kecamatan Lengayang dengan peserta diperkirakan kurang lebih 5000 orang.

Arib menyebut, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diadakan sejak 2005. Untuk tahun ini, adalah kegiatan pertama oleh dirinya saat menjabat Ketua LDS Lengayang.

Dengan adanya evaluasi dan perbaikan, ia berharap kegiatan ini terus berlangsung di tahun berikutnya. Selain itu, ia juga berharap, kegiatan ini semakin sukses dan meriah.

Disampaikan Arib, untuk tahun ini, panitia mengangkat tema Perindah Akhlak Perkuat Keimanan dalam Menghadapi Tantangan Zaman.

Menurutnya, didalam zaman yang penuh keterbukaan ini, akhlak dan keimanan anak sangat perlu ditingkatkan. Jangan sampai, kata dia, generasi penerus terpengaruh oleh dampak negatif perkembangan zaman.

“Kita berharap kegiatan ini mampu memperindah akhlak anak, menjadi anak yang berbakti, patuh dan sopan kepada orang tua, serta meningkatkan keimanan dengan terus mengamalkan Al-Qur’an serta taat kepada perintah dan larangan Allah,” kata Arib.

Senada dengan itu, Anggota DPRD Sumbar Zarfi Deson dalam kesempatan terpisah mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh LDS Kecamatan Lengayang.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak baik itu panitia maupun pengurus LDS serta forkopimca Lengayang yang telah menyelenggarakan serta menyukseskan kegiatan ini,” kata pria yang akrab disapa Deson ini.

Menurut Deson, tema yang diangkat oleh panitia sangat relevan. Kata dia, anak-anak atau generasi muda saat ini perlu diindahkan akhlak dan meningkatkan keimanannya. Hal ini perlu dan penting untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin hari semakin kompleks.

Semua itu sebut politisi Golkar itu adalah tanggung jawab kita bersama. Semua pihak atau elemen sebutnya punya andil dalam menciptakan generasi yang mempunyai akhlak dan iman yang tinggi.

Dalam kesempatan itu, Zarfi Deson secara khusus berpesan kepada orang tua agar jangan sampai meninggalkan generasi yang lemah. Lemah yang dimaksudkan yakni generasi penerus yang lemah akidah, ibadah, ilmu, dan ekonominya.

Anggota Komisi III DPRD Sumbar itu mengajak para orangtua agar membina generasi penerus ke arah yang lebih baik, dituntun dan dididik dalam segala hal.

“Karena itu orang tua wajib untuk mendidik anak-anaknya agar kelak menjadi generasi yang kuat,” katanya.