Berita  

Setelah Turunkan Satgas Peduli Bencana UNP, Rektor Tinjau Langsung Lokasi Bencana Galodo

FIKIR.ID – Rektor UNP Kunjungi Jorong Cangkiang Nagari Batu Taba Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Lokasi ini merupakan salah satu lokasi yang cukup berat terdampak bencana Galodo/lahar dingin Gunung Marapi dimana 45 rumah terdampak oleh bencana ini, Selasa (14/5). Disamping itu, Ketua Tim Satgas Peduli Bencana UNP yang diketuai oleh Prof. Dr. Anton Komaini, S.Si., M.Pd  juga melakukan kegiatan dua jorong lainnya yakni Panca dan Surau Gadang yakni pendataan warga/masyarakat yang terdampak bencana. UNP adalah tim pertama yang membantu masyarakat jorong ini karena terletak tidak di jalan utama. Turut mendampingi  Wakil Rektor I, Dr. Refnaldi, M.Litt, Ketua Tim Satgas Peduli Bencana UNP yang juga merupakan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Prof. Dr. Anton Komaini, S.Si., M.Pd dan tim UNP Peduli, Direktur Kemahasiswaan, Dr. Asep Sujana Wahyuri, S.Si., M.Pd Pembina BEM, Drs. Esy Maestro, M.Sn, Kasudit Prestasi dan Alumni Ahmad Rizal Abidin, S.Kom., M.Kom, Tim Satgas UNP, Unsur Mahasiswa MPALH, Menwa, Pramuka dan KSR PMI meninjau tempat lokasi. 

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D menyampaikan kepada TIM UNP untuk tetap menjaga kesehatan, menjaga istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan dengan cukup. Selain itu, dalam tim bencana UNP juga bergabung tim kesehatan UNP dan Tim Drone UNP yang bertugas untuk memetakan wilayah bencana. 

Kepala LPPM UNP, Prof. Anton mengatakan kepada Humas UNP, pada kesempatan ini, Rektor UNP juga mengunjungi SMK N 1 Ampek Angkek memberikan motivasi serta bantuan tunai kepada siswa yang terdampak bencana. Selain itu akan ada afirmasi khusus bagi para siswa korban bencana yang ingin berkuliah ke UNP melalui jalur mandiri. Kegiatan ini diikuti oleh 300 siswa SMK N 1 Ampek Angkek yang dipimpin oleh Kepala Sekolah SMK N 1 Ampek Ankek, Gusti Kamal, S.Pd., M.Pd. Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor I, Kepala LPPM, Direktur Kemahasiswaa, Tim UNP Peduli, Pembina BEM dan Kasudit Prestasi dan Alumni.

Dr. Asep Sujana Wahyuri, S.Si., M.Pd menyampaikan bahwa Kepala Jorong, Abrar Nurdin  menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim satgas UNP peduli bencana yg telah membantu membuka akses jalan dan mengangkat puing-puing banjir bandang. Tim Satgas Bencana UNP bekerja all out dari tanggal 12-13 Mei 2024. “Semoga kehadiran Tim Satgas Bencana UNP dapat membantu dan meringankan beban warga yang terdampak bencana,” harap Direktur Kemahasiswaan.