Berita  

Catatan PKP3JH, Jenis Penyakit Ini Sering Dialami Calon Jemaah Haji

FIKIR.ID – Calon Jemaah Haji Indonesia harus mempersiapkan diri sejak dini saat menunaikan Iabdah Haji ke Tanah Suci. Suhu panas 40 derajat celcius di Arab Saudi dan pola makan bisa memicu berbagai macam penyakit yang sering diderita para Jemaah haji.

Karena itulah, jemaah haji diimbau menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah. Dari catatan Tim Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKP3JH), penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) paling sering dirasakan jemaah haji.

ISPA menjadi penyebab jemaah haji jatuh sakit karena dipicu kerumunan besar jemaah, polusi udara, dan perubahan suhu yang drastis di Makkah dan Madinah. Kemudian penyakit yang rentan dialami jemaah adalah gangguan pencernaan, seperti diare, muntah, atau sakit perut.

Perubahan pola makan, kualitas air minum yang berbeda dan sanitasi tidak memadai memicu kondisi jemaah bisa drop. Kasie Lansia, Disabilitas, dan PKP3JH Daker Madinah.

Selain ISPA, penyakit kulit, infeksi jamur, ruam panas, atau luka akibat gesekan pakaian bisa terjadi karena panas dan kelembaban yang tinggi.