Berita  

RS Unand Bertekad Menjadi Destinasi Wisata Medis di Asia Tenggara

FIKIR.ID – Rumah Sakit Universitas Andalas (Unand) Padang bercita-cita menjadi rumah sakit wisata medis terdepan di Asia Tenggara. Hal ini didorong oleh tingginya angka warga Indonesia, khususnya Sumatera Barat (Sumbar), yang berobat ke luar negeri.

Direktur Utama RS Unand Yevri Zulfiqar yakin bahwa ambisi ini bukan hal yang mustahil. RS Unand memiliki fasilitas kesehatan yang mumpuni, termasuk statusnya sebagai rumah sakit tipe B, salah satu dari empat di Sumbar.

“Kami terus berupaya meningkatkan citra RS Unand menjadi lebih baik. Kami ingin agar pasien di Sumbar tidak perlu lagi berobat ke luar negeri, seperti ke Malaka, Malaysia. Saat ini, pasien yang dulu berobat ke Malaka sudah beralih ke RS Unand. Ke depannya, kami ingin menarik pasien dari negara tetangga untuk berobat di RS Unand. Oleh karena itu, pelayanan kami harus terus ditingkatkan,” jelas Yevri.

Salah satu keunggulan RS Unand adalah layanan unggulannya di bidang onkologi (kanker), yang didukung oleh banyaknya dokter spesialis di bidang ini. “Untuk layanan radioterapi (penyinaran kanker), kebanyakan pasiennya datang dari luar Sumbar, seperti Jambi, Bengkulu, dan Riau,” ungkap Yevri.

Rektor Unand Efa Yonnedi, menambahkan bahwa dari segi sumber daya manusia (SDM), RS Unand sudah cukup mumpuni. “Oleh karena itu, saat ini kami fokus pada peningkatan kepercayaan masyarakat untuk berobat di RS Unand. RS Unand telah menerapkan layanan digital hospital untuk membangun brand sendiri,” urai Efa, dilansir dari Langgam.id , Minggu (21/4/2024).

Lebih lanjut, Yevri Zulfiqar menyatakan bahwa RS Unand terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan kegiatan sosial, seperti operasi bibir sumbing.

“Kami siap menjadi tuan rumah berbagai kegiatan sosial, seperti operasi bibir sumbing. Untuk operasi bibir sumbing, kami gratiskan biayanya,” tandasnya.

RS Unand memiliki berbagai layanan unggulan, termasuk Onkologi Radiasi, Kemoterapi, Paliatif, ICU, PICU, NICU, HCU, dan CVICU. Selain itu, RS Unand juga dilengkapi dengan 202 tempat tidur.