Berita  

Diikuti SD dan SLTP se-Kota Padang Panjang, Pesantren Ramadan 1445 H Resmi Dibuka

FIKIR.ID — Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si resmi membuka kegiatan Pesantren Ramadan tingkat SD dan SLTP se-Kota Padang Panjang yang akan berlangsung selama dua minggu ke depan di Masjid Agung Manarul Ilmi Islamic Centre, Senin (26/3).

Dikatakannya, kegiatan Pesantren Ramadan ini bisa menjadikan siswa dan siswi memiliki ilmu pengetahuan yang lebih luas di bidang agama. Serta menjadi generasi yang berakhlak mulia dimasa yang akan datang.

Sonny berharap pesantren ini dapat diikuti dengan baik, sehingga selesai dari sini ada hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik.

“Pada Ramadan ini, proses belajar mengajar sengaja dipindahkan ke masjid untuk melaksanakan pesantren. Semoga dengan kegiatan baik yang dilakukan di bulan baik ini, mendapat rida Allah,” ujarnya.

Ditambahkan Sonny, Pesantren Ramadan ini memang kegiatan rutin tahunan. Kegiatan ini hendaknya dapat mengubah karakter, konsep hidup, pandangan masa depan dari para pelajar itu.

“Ikuti kegiatan ini bersama-sama dengan penuh keikhlasan dan semangat, sesuai dengan jadwal yang ditentukan,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Muji Sirwanto, M.Pd mengatakan, Pesantren Ramadan berlangsung dari 25 Maret hingga 5 April mendatang.

“Program ini menindaklanjuti arahan gubernur melalui Dinas Pendidikan Sumbar. Kebijakan Pemko, Pesantren Ramadan dilaksanakan langsung di tiap SD dan SMP. Setiap Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu. Jumat libur. Untuk SMP dari pagi sampai setelah Salat Zuhur. Kalau SD dari pagi hingga pukul 11.00 WIB,” katanya.

Muji berharap, program ini bisa memberikan dampak yang baik terhadap peserta didik. Menurutnya, diadakannya kegiatan ini agar mereka lebih paham agama, serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita berharap peserta bisa meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan tentang ajaran Islam. Sehingga menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujarnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD, Mardiansyah, S.Kom, Dandim 0307/TD, Letkol Inf Agus Priyo Pujo Sumedi, SIP, M.Han, Kapolres, AKBP, Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, SIK, MAP, kepala OPD, camat, kepala sekolah dan undangan terkait lainnya.