Berita  

Warga Pessel Terdampak Banjir Butuh Masak, Pemkab Solok Serahkan 100 Kompor Gas

FIKIR.ID – Sebanyak 100 set kompor gas beserta tabung, tikar, pakaian layak pakai dan satu unit loader beserta truk diserahkan Bupati Solok Epyardi Asda kepada masyarakat Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) pada Senin (18/3/2024).

Bantuan itu bentuk persaudaraan dan kepedulian masyarakat Kabupaten Solok dengan warga Pessel yang mendapat musibah bencana. Dikatakan Epyardi Asda, Pemkab Solok siap memberikan bantuan selama ada permintaan dari pemerintah Pessel

“Kami juga merasakan kesedihan masyarakat Pessel. Apalagi ini bertepatan dengan bulan Ramadhan atau puasa. Saya ingin mengajak saudara kita ini untuk tetap semangat dan bangkit. Karena kami juga tahu dan merasakan, di tempat kami di Kabupaten Solok juga pernah mengalami bencana,”tuturnya didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda.

Terkait dengan jenis yang ia bantu diantaranya kompor gas. Karena banyak keluhan warga yang tidak bisa memasak meski mendapat bantuan bahan pokok karena kompor yang biasa mereka pakai rusak dan hanya terkena banjir.

“Kompor gas itu sangat dibutuhkan warga. Mereka ingin memasak karena sudah mendapat bantuan bahan makanan. Tetapi kompornya hilang dan ada yang rusak maka itu tepa sekali kompor ini dibutuhkan. Selain itu ada pakaian layak pakai ada dua muatan mobil. Selain itu ada alat berat jenis loader dan truk,”tuturnya.

Dijelaskannya, alat berat tersebut memang dibutuhkan terutama untuk membersihkan sisa-sisa lumpur yang mengendap di organisasi warga.

“Loader kami turunkan untuk membersihkan sisa-sisa lumpur. Kebetulan kami di Kabupaten Solok memang punya alat berat,”ucapnya.

Selain itu kata Epyardi Asda, petugas pemadam kebakaran dan Satpol PP juga telah diturunkan untuk membantu membersihkan sejumlah lokasi di Tarusan yang menjadi wilayah terdampak cukup berat.

“Damkar sudah diturunkan beberapa hari yang lalu. Dan ini semua inisiatif kami sebagai daerah yang harus peduli sesama,”ujarnya.