Berita  

UNP Akan Buka Dua Prodi Baru di Kabupaten Kepulauan Mentawai

FIKIR.ID – Universitas Negeri Padang (UNP) berdasarkan atas permintaan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) dan kunjungan langsung Rektor Prof. Ganefri, Ph.D bersama pimpinan UNP beberapa hari  ke Tua Pejat  sebagai Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Mentawai, akan membuka dua Program Studi yang berada di bawah Ptogram Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) Mentawai.

Kedua Prodi tersebut yakni Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD) dan Prodi S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

Rektor  UNP Prof. Ganefri, Ph. D dalam keterangan persnya  mengatakan “Kita diminta oleh Pemprov Sumbar membuka Prodi S1 PGSD di Kabupaten Kepulauan  Mentawai mengingat banyaknya kekurangan guru SD dan guru Penjaskes di daerah ini, dan mempermudah akses pendidikan tinggi bagi putra- putrinya Kepulauan Mentawai. Kita juga mendapat sokongan dari Pak Bupati dan OPD terkait, dan malah kita  sudah meninjau rencana kampus tersebut bersama tim. Rekrutmen dosen dan tendik, kita utamakan dari putra -putri Mentawai yang memenuhi syarat untuk diangkat sebagai dosen P3K atau kontrak,” tegas Ketua Majelis Rekttor PTN Indonesia ini.

Menurut Kacadbdin  Wilayah VIII Diskdik Sumpar Mulyadi Wijaya, M.Pd , ” sebenarnya tiap tahun  lebih dari 1000 orang lulusan SMA/SMK, lebih 60 % diantaranya berkeinginan untuk melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi, dengan adanya PSDKU UNP di Mentawai, tentu akan meningkatkan partisipasi pendidikan masyarakat di daerah ini”.

Pada tahap awal  UNP telah menandatangi  Nota Kesepahaman dan PKS dengan pihak Pemkab Kepulauan Mentawai pada tanggal 13/3 yang lalu dan Panitia SNBP UNP akan menggelar UTBK di dua titik utama yakni di Sipora dan Siberut, dan malah sudah disurvei oleh Tim IT Kemendikbud Ristek, sebagai persiapan sarana prasarana, jaringan internet dan lain- lain yang mendukung berjalannya tes nantinya.