Berita  

Wajib Tahu, Ini Lima Makanan dan Minuman yang Bisa Cegah Depresi

FIKIR.ID – Selain memicu timbulnya penyakit, pola makan sembarangan juga bisa saja menyebabkan gangguan kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

Seorang psikiater nutrisi, Drew Ramsey membagikan tujuh makanan dan minuman yang efektif dalam upaya pencegahan menangkal depresi dan gangguan kecemasan.

Seperti dilansir dari laman Worth, Jumat (15/3/2024), berikut makanan dan minuman yang disarankan Drew Ramsey selaku penulis buku Eat to Beat Depression and Anxiety:

1. Sayuran Hijau

Ramsey kerap menonjolkan pentingnya nutrisi dalam sayuran berdaun hijau. Bahkan, dia menulis buku resep berjudul Fifty Shades of Kale. Meski begitu, tidak hanya kale yang punya manfaat baik, tapi juga beragam sayuran hijau seperti sawi, brokoli, bayam, dan lainnya.

2. Buah-buahan

Buah warna pelangi juga disebut Ramsey sangat ampuh mencegah depresi dan gangguan kecemasan. Utamanya, buah ungu kemerahan yang mengandung antosianin, suatu flavonoid (pigmen makanan) yang bergizi. Namun, berbagai buah lain juga sangat dia sarankan.

3. Makanan Laut

Ramsey menjelaskan bahwa makanan laut baik untuk kesehatan mental, disebabkan oleh kandungan asam lemak omega-3. Tidak hanya ikan salmon yang populer, namun juga berbagai makanan laut lain, asal yang rantai makanannya rendah untuk menghindari merkuri.

4. Kacang-kacangan

Sebuah penelitian terhadap para mahasiswa yang depresi dan cemas di Australia menunjukkan peningkatan suasana hati yang signifikan saat mereka menyantap satu porsi kacang-kacangan setiap sore. Kacang-kacangan juga mengandung serat prebiotik yang sangat baik untuk usus.

5. Telur dan Susu Fermentasi

Telur dan produk susu fermentasi kerap dihindari, padahal manfaatnya sangat besar. Sebuah penelitian mengonfirmasi bahwa kolin dalam telur dikaitkan dengan penurunan kecemasan. Telur juga kaya akan protein berkualitas tinggi dan vitamin B.