Berita  

Sistem Pendingin Tahapan Pemilu 2024, Polwan Polres Dharmasraya Mantapkan Patroli Sambang ke Bundo Kanduang

FIKIR.ID – Polwan Polres Dharmasraya memantapkan langkah dalam tahapan Sistem Pendinginan Pemilu 2024 dengan melaksanakan Patroli Kamtibmas dan Sambang ke Bundo Kanduang Jorong Koto Kenagarian Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya pada Kamis, 23 November 2023.

Patroli yang dipimpin oleh Aipda Wira Devita, Briptu Mila Ahyu, dan Briptu Egi Chania, dengan didampingi oleh Kanit Bhabinkamtibmas Sat Binmas Aiptu Irwandi serta personil Satlantas Bripka Indra Setiawan, Elpita. Turut dihadiri oleh ketua Bundo Kanduang Nagari Gunung Medan.

Dalam kesempatan ini, Polwan Polres Dharmasraya melaksanakan patroli dan sambang dengan tujuan utama *Cooling System*, mengajak Bundo Kanduang dan warga setempat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas, mengatur lalu lintas, bijak bermedia sosial menjelang Pemilu 2024. Tak hanya itu, Polwan juga memberikan informasi terkait dampak negatif narkoba dan kenakalan remaja, serta situasi politik terkini.

Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah, SIK, melalui Kasubsi Penmas Sihumas Ipda Marbawi, SH, menyampaikan bahwa patroli sambang oleh Polwan adalah bagian dari sistem pendingin yang diprogram untuk mengajak perempuan bersatu dalam menjaga keamanan selama tahapan Pemilu 2024. Menurutnya, peran Polwan sebagai bagian dari pendinginan Program sistem pemilu khusus Kapolri dapat mencegah perpecahan di masyarakat. Kegiatan ini dianggap sebagai langkah konkret dalam menjaga perdamaian dan keamanan selama tahapan pemilu.

“Tentunya terciptanya situasi keamanan yang kondusif adalah harapan kita semua. Peran serta dan sinergitas semua elemen tentunya sangat penting dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai, dan sejuk. Kami menghimbau seluruh personel agar menjaga netralitas, dan peran Kapolsek diharapkan menjalankan sistem pendingin dengan baik,” ujar Kapolres Dharmasraya.

Ketua Bundo Kanduang Nagari Gunung Medan mengucapkan terima kasih kepada Polres Dharmasraya atas pelaksanaan sambang. Ia mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar kegiatan serupa dapat terus berlanjut sebagai upaya memperkuat sinergi antara pihak kepolisian dan masyarakat. Acara ditutup dengan penyerahan buah tangan sebagai ungkapan terima kasih kepada Bundo Kanduang Nagari Gunung Medan, menegaskan kerjasama dalam menciptakan situasi keamanan yang kondusif menjelang Pemilu 2024.