Berita  

152 Kafilah Dan Official Tanah Datar Dikukuhkan Dan Dilepas Resmi

FIKIR.ID – Bupati Kabupaten Tanah Datar Eka Putra, SE, MM kukuhkan dan resmi melepas 152 orang Kafillah dan Official Tanah Datar, untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XL Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan digelar di Kabupaten Solok Selatan pada Desember mendatang.

Mengawali sambutannya usai mengukuhkan sekaligus melepas kafilah dan official tersebut, Minggu malam (19/11) di Ball Room Hotel Campago Bukittinggi Bupati Eka Putra mengajak semua yang hadir untuk mendoakan saudara yang seiman di Palestina yang saat ini sedang mendapatkan cobaan berat sembari membacakan surat Alfatihah.

Terkait MTQ Nasional XL Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang bakal digelar ini, Bupati Eka Putra katakan peserta pada MTQ kali ini sekitar 60 persen merupakan peserta yang juga telah ikut pada MTQ Nasional sebelumnya.

Bupati Eka juga mengharapkan kafilah seluruh bisa tampil maksimal dan memberikan kemampuan terbaiknya, sehingga hasil juara umum bisa kembali diraih Tanah Datar. “Jaga kesehatan, berikan kemampuan terbaik, fokus dan mari kita raih kembali juara umum ke Tanah Datar,“ pesannya.

Selain itu, Bupati Eka juga berpesan kepada Ketua Kafilah Tanah Datar agar selalu memantau setiap perlombaan dan melaporkan perkembangannya langsung kepadanya.

“Laporkan langsung kepada Saya perkembangannya setiap saat, karena ketika rapat dengan LPTQ Provinsi Sumatera Barat Saya berpesan agar penjurian dilakukan secara transparan dan hasilnya langsung kelihatan. Ini sudah menjadi kesepakatan bersama, jadi kalau ada yang tidak sesuai dengan kesepakatan sampaikan langsung ke Saya,” kata Bupati.

Terkait bonus juara disampaikan Eka Putra anggaran yang sudah dipersiapkan untuk juara I perorangan sebesar Rp27 juta, juara II perorangan sebanyak Rp12 juta dan juara III perorangan sebesar Rp6 juta.

Sementara untuk juara harapan I perorangan Rp4 juta, harapan II Rp3 juta dan harapan III Rp2 juta, sementara untuk juara beregu juara I masing-masing sebesar Rp13,5 juta, juara II sebesar Rp7,5 juta dan juara III Rp3,5 juta. Harapan I masing-masing Rp2,5 juta, harapan II Rp1,5 juta dan harapan III Rp1,2 juta.

Sebelumnya, Ketua LPTQ Kabupaten Tanah Datar yang juga sebagai Wakil Bupati Richi Aprian, SH, MH menyampaikan sebelum dilepas resmi oleh Bupati telah dilaksanakan sebanyak 7 (tujuh) kali TC berjalan di Islamic Center di Pagaruyung, dimana hasilnya telah lahir para kafilah yang akan siap berlomba pada ajang MTQ Nasional XL Tahun 2023 Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Solok Selatan Desember mendatang.

“Untuk memaksimalkan persiapan khusus kafilah dilaksanakan 1 (satu) kali dengan TC pemantapan yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari di Hotel Champago Bukittinggi ini.” ujarnya.

Wabup menyebutkan, kafilah dan official Kabupaten Tanah Datar sebanyak 152 orang, terdiri dari kafilah sebanyak 74 orang dan 78 orang pendamping, pelatih, tenaga kesehatan dan transportasi.

Turut hadir dikesempatan tersebut Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, Staf Akhli Bupati, Asisten I, II dan III, Kepala OPD, Kakan Kemenag Tanah Datar, Kabag di lingkup Setda Tanah Datar, Ketua MUI Tanah Datar, Kepala Cabang Bank Nagari Batusangkar, Kepala Cabang BSI dan undangan lainnya