Berita  

1.452 HPR Disuntik Selama Pelaksanaan Vaksinasi Massal Rabies di Padang Panjang

FIKIR.ID — Sebanyak 1.452 hewan penular rabies (HPR) telah disuntik sepanjang pelaksanaan vaksinasi massal rabies dari 23 Juli hingga 23 Agustus di Kota Padang Panjang.

Saat melakukan vaksinasi hari terakhir, Rabu (23/8) di empat titik lokasi di Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB), Kabid Peternakan Dispangtan, drh. Wahidin Beruh menyampaikan, selama pelaksanaan vaksinasi massal ini telah divaksin sebanyak 1.363 kucing, 81 anjing, tujuh kera dan satu musang.

“Untuk memaksimalkan jumlah tersebut selain menunggu di titik lokasi yang telah ditentukan, petugas kita juga melakukan door to door ke rumah agar lebih memudahkan masyarakat. Terkadang, ada pemilik HPR yang mempunyai puluhan hewan piaraan di rumahnya,” ungkap Wahidin.

Pihaknya berharap dengan pelaksanaan vaksinasi massal bagi HPR ini dapat mencegah adanya kasus rabies di Kota Padang Panjang.

“Sebulan pelaksanaan vaksinasi massal ini kita telah menghabiskan 1.500-an dosis vaksin. Kepada warga yang tidak sempat datang, bisa melakukan vaksinasi rabies dengan membawa hewan kesayangannya ke Puskeswan yang berada di komplek RPH Silaing Bawah,” imbaunya.

Afrianti (56) warga Silaing Bawah yang memelihara tujuh ekor kucing di rumahnya berterima kasih atas adanya kunjungan petugas vaksin ke rumah.

“Kalau kita bawa ke lokasi vaksin kucingnya akan stres dan marah. Dengan ada pelayanan ini, kami bersyukur dan mengapresiasi sekali. Apalagi vaksinasi ini gratis,” ungkapnya.