Berita  

Perkuat Hubungan Diplomatik, Pemko Padang Resmikan Ba Ria Vung Tau Corner di Gedung Youth Center

FIKIR.ID – Wali Kota Padang diwakili Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar bersama Sekretaris Deputi Provinsi Ba Ria Vung Tau Ms. Nguyen Thi Yen meresmikan Baria Vung Tau Corner (Sudut Pojok Promosi Daerah) yang berada di lantai satu Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Kamis (24/8/2023).

Dalam sambutannya, Sekda Kota Padang Andree Algamar mengatakan, bahwa pembangunan Ba Ria Vung Tau Corner merupakan tindak lanjut kerja sama sister city antara Pemerintah Kota Padang dengan Provinsi Ba Ria Vung Tau, Vietnam yang telah direncanakan pada 2020 lalu, namun terhenti karena adanya Pandemi Covid-19 maka baru terlaksana sekarang.

“Semula Ba Ria Vung Tau Corner ini dibangun di Lapau Panjang Cimpago (LPC) Pantai Padang. Namun setelah kami tinjau ulang dan melihat kondisi terkini dari LPC maka kami mengambil kebijakan untuk memindahkan ke Gedung Youth Center ini,” ungkap Sekdako Padang.

Sekdako Andree Algamar mengatakan, dipilihnya Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center sebagai lokasi pembangunan Ba Ria Vung Tau Corner, karena gedung ini selalu ramai dikunjungi oleh generasi muda, karena merupakan wadah untuk pembinaan dan pengembangan 17 subsektor ekonomi kreatif.

“Kita berharap dengan dibangunnya Ba Ria Vung Tau Corner ini dapat menjadi gerbang pengenalan budaya Vietnam khususnya Provinsi Ba Ria Vung bagi generasi muda dan warga Kota Padang,” pungkas Sekdako Padang itu.

Sementara itu, Wakil Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Mr. Nguyen Ngoc Vinh mengatakan, hubungan Kota Padang dan Provinsi Ba Ria Vung Tau Vietnam sudah terjalin sejak tahun 2013 lalu. Beberapa kerja sama sudah terlaksana diantaranya Ba Ria Vung Tau Trade Center di Kota Padang pada tahun 2018 dan pembangunan Padang Trade Center di Ba Ria Vung Tau setahun setelahnya.

“Hari ini juga telah diresmikan Ba Ria Vung Tau Corner. Semoga ini dapat menjadi sarana untuk mengenal sosial dan budaya Provinsi Ba Ria Vung Tau kepada masyarakat Kota Padang dan memperkuat hubungan diplomatik antara Kota Padang dan Provinsi Ba Ria Vung Tau,” sebutnya.