Berita  

Apresiasi Gelaran Malam Seni dan Budaya Pasisia di TMII, Wabup Pessel: Sarana Promosi Potensi Daerah

FIKIR.ID – Wakil bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah mengapresiasi acara malam seni dan budaya tradisional Pasisia yang digelar oleh Ikwal Jakarta bersama Serdadu Pessel dan Pelaut Pessel pada 26 Agustus mendatang.

Diberitakan sebelumnya, Ikwal Jakarta bersama Serdadu Pessel dan Pelaut Pessel menggelar malam seni di Anjungan Sumbar Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Selain menampilkan kesenian dan kebudayaan Pasisia, juga akan disediakan stand berisi masakan dan minuman khas Pasisia.

Rudi Hariyansyah menyambut baik acara malam seni dan budaya tradisional Pasisia tersebut. Ia menyebut, acara tersebut bisa menjadi sarana untuk promosi potensi daerah.

“Secara tak langsung perantau telah menjadi duta yang mempromosikan tentang Pesisir Selatan kepada orang banyak di perantauan,” kata Rudi Hariyansyah kepada awak media di Painan, Senin (14/8).

Dikatakan, berbagai potensi dan produk unggulan Pessel seperti makanan dan minuman khas, kekayaan seni budaya dan pariwisata dapat dipromosikan melalui acara tersebut sehingga dapat diketahui secara nasional dan internasional.

“Bila kegiatan ini rutin digelar setiap tahun maka sangat positif sebagai sarana promosi potensi Pessel,” ujar Rudi.

Lebih lanjut, ia meminta segala kegiatan yang menampilkan seni dan budaya Pasisia lebih digalakkan lagi. Rudi berpandangan, acara tersebut bisa membendung arus besar budaya populer yang cenderung mengesampingkan norma dan nilai budaya bangsa.

“Ini merupakan warisan budaya dari para leluhur yang harus dijaga kelestarianya, agar generasi bangsa mengetahui budaya yang mereka miliki,” ungkapnya.

Acara seperti ini, sambungnya, diharapkan juga dilakukan oleh organisasi perantau lainnya. Sehingga, sebutnya, selain melestarikan seni dan budaya Pesisir Selatan juga akan mempopulerkannya.

Selain itu, kata dia, melalui acara ini, para perantau bisa bertegur sapa dan saling berinteraksi serta bertukar informasi.

“Tentu hal ini dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan perantau, serta semakin memperkuat tali silahturahmi yang telah terjalin selama ini,” paparnya.