Berita  

Zarfi Deson Silahturahmi dengan Pengurus Koperasi 3 Kecamatan di Pesisir Selatan

FIKIR.ID – Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Zarfi Deson bersilahturahmi dengan pengurus Koperasi Persatuan Pedagang Sejahtera Ranah Kambang Sutera, pada Sabtu (12/8) malam. Kegiatan dilaksanakan di Perumahan Bumi Lakitan Madani, Kecamatan Lengayang.

Ketua Koperasi Syafrianto mengatakan, kegiatan silahturahmi dengan Zarfi Deson sudah diagendakan jauh hari. Dikatakan, kegiatan tersebut adalah kegiatan bulanan koperasi yang digelar tiap bulannya.

“Alhamdulillah, terima kasih pak Zarfi Deson atas kesediaan bapak memenuhi menghadiri undangan kami. Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, karena perhatian bapak terhadap koperasi kami sangat tinggi,” ungkapnya.

Syafrianto menjelaskan, kegiatan bulanan ini ditujukan untuk terus menjalin tali silahturahmi dan menjaga kekompakan antar anggota koperasi.

Selain itu, melalui pertemuan tersebut, ia juga berharap bisa mengeluarkan ide-ide kreatif anggota, agar tercipta inovasi-inovasi kreatif yang bermanfaat untuk orang banyak.

Lebih lanjut, ia menyebut, kepedulian Zarfi Deson terhadap dunia koperasi patut diapresiasi. Untuk itu, ia mendoakan agar Zarfi Deson kembali duduk sebagai anggota DPRD Sumbar untuk periode 2024-2029.

“Kami doakan semoga bapak diberi umur panjang, selalu sehat dan mudahan kembali terpilih sebagai anggota DPRD Sumbar,” harapnya.

Sementara itu, Zarfi Deson mengucapkan terimakasih atas undangan dari Pengurus Koperasi Persatuan Pedagang Sejahtera Ranah Kambang Sutera. Dia merasa sangat bangga bisa bertemu dan bertukar pikiran dengan pelaku koperasi di daerah.

Atas doa dan dukungan yang diutarakan pengurus koperasi, ia merasa sangat bersyukur. Ia merasa, apa yang telah ia perbuat di DPRD Sumbar sesuai tugas dan wewenangnya dirasakan oleh masyarakat banyak.

“Terimakasih atas kepercayaan bapak ibu semua kepada kami, kepercayaan ini akan menjadi kekuatan bagi kami” kata dia.

Ia mengaku tidak bisa lepas dari masyarakat banyak. Sebab, ia bisa menjadi seperti sekarang karena masyarakat banyak. Oleh sebab itu, ia akan terus berkomitmen untuk membangkitkan perekonomian masyarakat. Dengan wewenang yang ia punya, ia akan terus memperjuangkannya.

“Selagi wewenang pemerintah provinsi, akan terus kita perjuangkan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab di sapa Deson itu menyampaikan, koperasi memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, pengurus koperasi mengelolanya mesti bersifat terbuka dan dilakukan secara demokratis.

Agar dipercaya anggota, Deson menegaskan, pengurus koperasi harus memahami prinsip-prinsip koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berasaskan kekeluargaan.

“Selain itu, pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil dan berbanding lurus dengan besarnya jasa usaha anggotanya,” pesan Deson.

Ia melanjutkan, koperasi harus bisa melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) setiap tahun supaya bisa dianggap koperasi sehat. RAT, sambungnya, memegang peranan penting dalam koperasi.

“Rapat anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi didalam pengambilan keputusan di koperasi, sebagai pelaksanaan prinsip demokrasi, transparansi dan akuntabilitas dalam tata kelola koperasi,” katanya

“Mari kita satukan langkah untuk membangun koperasi agar tumbuh dan berkembang menjadi lembaga ekonomi kerakyatan yang handal, tangguh dan terpercaya,” sambungnya.