Berita  

Komitmen Tingkatkan Perekonomian Petani, Zarfi Deson Bagikan Ribuan Bibit Pinang Batara di Mentawai

FIKIR.ID – Komitmen anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Zarfi Deson untuk meningkatkan perekonomian petani Mentawai bukan isapan jempol belaka. Terbaru, ia menyerahkan ribuan bibit pinang batara di daerah tersebut, Jumat (28/7).

Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Golkar itu menyerahkan 6.000 bibit pinang batara untuk dua kelompok tani di dua desa di Kecamatan Sipora Utara. Keduanya itu adalah Keltan Rontugo di Desa Sipura Jaya dan Keltan Barokah di Desa Bukit Pamewa, masing-masing kelompok menerima 3.000 bibit.

Dalam penyerahan bibit pinang batara tersebut, Zarfi Deson didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Mentawai Jakob Saguruk, Anggota DPRD Mentawai Suhendra, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai, Dinas Pertanian Sumbar dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Zarfi Deson mengungkapkan, bantuan bibit pinang batara tersebut merupakan bagian dari komitmennya untuk terus meningkatkan perekonomian petani di Mentawai.

Ia berharap melalui bantuan bibit pinang batara ini dapat menumbuhkembangkan perekonomian desa serta menambah penghasilan masyarakat. “Semoga bantuan ini dapat berjalan dengan baik dan mampu membangun desa yang lebih maju,” harap Zarfi Deson.

Lebih lanjut, ia berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Bibit pinang batara, kata dia, mesti ditanam dan dirawat dengan baik.

“Jangan hanya terletak disini, harus segera ditanam di lahan yang telah disediakan. Agar bapak-ibu dapat segera merasakan manfaatnya,” kata pria yang akrab di sapa Deson ini.

Sekretaris Kelompok Tani Rontugo Revan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan yang diserahkan kepada kelompok taninya tersebut.

Bantuan bibit pinang batara itu nantinya akan dibagikan kepada anggota kelompok. Ia menyebut, bibit pinang batara itu akan ditanami di lahan 10 hektare.

Saat ini, sebutnya, kelompok tani Rontugo telah menanam pinang. Akan tetapi, belum maksimal. Dengan adanya bantuan bibit pinang batara yang berasal dari dana pokok pikiran Zarfi Deson, dinilai akan sangat membantu mereka. Ia berharap, bantuan ini terus dapat meningkatkan perekonomian mereka.

Dalam kesempatan itu, ia mendoakan agar Zarfi Deson kembali duduk sebagai anggota DPRD Sumbar untuk periode 2024-2029.

“Kami doakan semoga bapak diberi umur panjang, selalu sehat dan mudahan kembali terpilih sebagai anggota DPRD Sumbar,” harapnya.

Ditempat terpisah, Ketua Keltan Barokah Sya’ban Sinaga juga menyampaikan hal yang sama. Ia mengucapkan terimakasih atas bantuan bibit pinang yang berasal dari dana pokir Zarfi Deson.

Ia menyampaikan, kelompok tani Barokah mempunyai anggota sebanyak 20 orang. Tiap anggota rata-rata mempunyai lahan 5.000 meter persegi dengan keseluruhan seluas 10 hektare.

Ditambahkan, bantuan ini tentunya akan menggairahkan dan memberi semangat bagi petani. Terlebih, bibit yang diberikan merupakan bibit unggul yang telah sesuai dengan peraturan kementerian.