Berita  

Juara OSN Tingkat Provinsi, Siswa SMP IT Al Kahfi Pasbar Wakili Sumbar Ke Kompetisi Tingkat Nasional

FIKIR.ID – Salah seorang siswa SMP IT Al Kahfi Pasaman Barat, Ziyad Alkhifari berhasil masuk sebagai pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Provinsi Sumatera Barat di bidang IPS dan menjadi satu-satunya perwakilan dari Pasaman Barat yang akan berkompetisi di tingkat Nasional mewakili Sumatera Barat (Sumbar) pada bulan Agustus mendatang.

Keputusan tersebut disampaikan oleh Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, pada Rabu (19/7), saat mengumumkan nama-nama pemenang peserta Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi Jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) Tahun 2023, yang tertuang dalam SK Nomor: 1320/J7.1/PN.00/2023.

Kepala SMP IT Al Kahfi, Abri Maijon, S.Pd., sangat bangga dan mengapresiasi capaian yang diraih oleh siswanya tersebut.

“Selamat kepada ananda dan guru pembimbing yang telah berjuang bersungguh-sungguh untuk sampai di tahap ini, semoga di tingkat nasional juga bisa memperoleh hasil yang memuaskan,” tutur Abri Maijon.

Kebahagiaan tersebut juga dirasakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat Agusli. Ia menyampaikan rasa bangga dan ucapan selamat kepada siswa SMP IT Al Kahfi yang mewakili Pasaman Barat ke tingkat nasional itu.

“Selamat untuk SMP IT Al Kahfi, semoga dengan keberhasilan ini menjadi inspirasi dan motivasi bagi sekolah lain,” ungkap Agusli.

Agusli mengatakan, sebagai salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Pasaman Barat, SMP IT Al Kahfi telah menoreh berbagai prestasi. Baik di bidang akademik maupun non akademik, seperti OSN, FLS2N, O2SN, MTQ, dan Tahfizh Al-Qur’an.

“Semua capaian tersebut tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah Pasaman Barat. Perhatian pemerintah terhadap bibit-bibit prestasi begitu tinggi, terbukti dengan kebijakan-kebijakan yang dihasilkannya, baik prestasi di bidang akademik maupun non akademik,” tuturnya.

Selain itu, Pemda Pasbar juga telah menggagas dan sudah menjalankan program Tahfizh Al-Qur’an di jenjang SMP dan SD. Semua siswa diharuskan memiliki hafalan Al-Qur’an dengan target yang ditentukan pada masing-masing jenjang,

“Semoga dengan perhatian Pemda tersebut, kedepannya terus bermunculan bibit dan talenta berprestasi lainnya, yang akan mengharumkan nama Pasaman Barat di level nasional, bahkan internasional,” harapnya.