Berita  

Remaja Padang Panjang Wakili Sumbar Ikuti Program Singapore Indonesia Youth Leader Exchange

FIKIR.ID – Abdillah El Habib, remaja Kota Padang Panjang terpilih mewakili Provinsi Sumatera Barat dan menjadi delegasi Indonesia untuk Pertukaran Pemuda Singapura dalam program Singapore Indonesia Youth Leader Exchange.

Bersama perwakilan dari 32 provinsi lainnya, Habib akan mengikuti program tersebut pada 18-23 Juli ini.

Habib yang merupakan putra dari Kepala Thawalib Putri, Ustaz Abdul Aziz ini menyebutkan, program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2023 ini diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“PPAN merupakan ajang untuk menggali dan mengembangkan potensi pemuda di daerah sekaligus potensi pemuda nasional melalui kerja sama internasional,” tuturnya.

Dijelaskannya, PPAN yang akan diikutinya ini memiliki 2 fase, yaitu fase Singapura dan fase Indonesia. Fase Singapura akan dimulai dahulu dengan pelatihan dan karantina di Kemenpora.

“kita akan diberangkatkan menuju Singapura selama sepekan. Setelah itu kembali ke Indonesia, untuk melaksanakan program pengabdian dan pengembangan masyarakat dengan ilmu yang didapat dari Singapura. Lalu akan dilanjutkan dengan fase Indonesia tahun depan,” jelasnya.

Ditambahkannya, peserta juga diwajibkan menjalankan Post Program Activity (PPA) atau kegiatan pascaprogram, guna memberikan kontribusi nyata untuk membangun kepemudaan daerah dan nasional.

“Pada tahun ini, PPAN diselenggarakan secara luring di Singapura, Australia dan Korea dengan tetap memperhatikan perkembangan situasi pandemi,” tambahnya.

Alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta ini berharap, dengan program tersebut bisa meningkatkan potensi diri dan belajar banyak hal dari Singapura. Serta bisa mengabdikan ilmu dan pengalaman tersebut di negeri sendiri, terutama di kampung halaman Padang Panjang.