Berita  

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, Abak Yulizal Yunus Berpulang

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ

اَللَّهُمَّ اغْفِرله وارحمه وعافه واعف عنه واكرم نُزُولَه، وَوَسِّعْ مَدْخَلَه، وَاغْسِلْه بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْه دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِه، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِه، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِه، وَأَدْخِلْه الْجَنَّةَ، وَأَعِذْه مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ
آمييييييين


Telah berpulang ke rahmatilah ‘alaihi “Abak” (ayah kandung) Yulizal Yunus, bernama Muhammad Yunus Taraan.

Beliau wafat dengan tenang dibimbing Saiful Katik Rajo Bagindo tadi sore Rabu pukul 18.05, 23 Maret 2022 dalam usia + 100 tahun di rumah duka, di Jalan Ninik Mamak, Rimbo Tanga Nagari Taluk, Batangkapas, Pesisir Selatan.

Kami sekeluarga berduka semua. Semoga almarhumah husnul khatimah dan senantiasa dalam redha Allah SWT, ditempatkan Allah dalam jannatinna’im.

Kami mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan selama hidup abak dari kecil hingga akhir hidup beliau ini. Kita keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kesabaran dan senantiasa ikhlas. Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin.

Profil Singkat Muhammad Yunus Taraan

Beliau merupakan pensiunan guru agama. Ulama pandai baca kitab kuning satu-satunya di Taluk. Berguru dengan Tuanku Bonjo Bayang, setelah tamat di surau Pancung Taba.

Pernah diculik APRI (Angkatan Perang Republik Indonesia) membawa markoni, terjebak dalam perang kayu aro lautan api. Ketika APRI membakar kayu aro beliau lolos lari ke pront PRRI.

Beliau ulama yang juga pernah diculik PKI, disiksa, ditendang dengan sepatu lar antek PKI. Terpelanting ke halaman dari lantai 2 rumah gadang akibat tendangan PKI itu.

Dinyatakan telah wafat, dibawah kerumah, beliau kembali duduk tersenyum. Artinya satu diantara ulama korban kekejaman PKI tahun 1965.

Pada 1958, APRI membakar kayu aro, mudik surantih, timur taluk. PRRI itu disebut pemberontak. Pada hal gerakan moral mengoreksi total pusat menyimpang dari Pancasila dan pemerintah ketika itu dibawah dominasi partai pki komunis yang atheis.