Berita  

Awasi Kualitas Air Minum, Puskesmas Tapan Lakukan SKAMTR di Nagari Riak Danau

FIKIR.ID – Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melalui UPT Puskesmas Tapan melakukan Surveilans Kualitas Air Minum Rumah Tangga (SKAMRT) Senin (21/10) di Nagari Riak Danau, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Agustina Ramadani menggatakan pemeriksaan kualitas air minum yang dilakukan di tingkat rumah tangga itu bertujuan untuk mengetahui tingkat risiko cemaran lingkungan.

Disampaikannya selain melakukan pengawasan kualitas air minum, melalui SKAMRT itu petugas juga bisa melihat tingkat risiko cemaran lingkungan, tingkat akses sarana air minum, kualitas air secara fisik, kimia, dan juga biologi.

“Ada sebanyak lima rumah tangga yang dijadikan sampel di Nagari Riak Danau itu oleh petugas UPT Puskesmas Tapan. Masing-masing rumah tangga itu masing-masingnya diambil sebanyak 2 sampel,” jelasnya.

Kepala UPT Puskesmas Tapan, dr Elfrina Mirna, menjelaskan bahwa setelah pengambilan sampel itu, maka petugas akan melakukan pemeriksaan dengan menggunakan sanitarian kit dengan 5 parameter kimia dan bakteriologi.

“SKAMRT diharapkan dapat memperbaiki Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) dari penyedia air dan meningkatkan kepedulian masyarakat untuk mendapatkan air minum yang aman,” jelasnya.

Ditambahkan Elfrina lagi bahwa yang melakukan kegiatan adalah adalah Pelaksana Kesehatan Lingkungan (Kesling).

“Diantaranya, Puja Putri Permadi, SKM, Rizki Putra Chaniago, SKM, Fira yusmita, STr, Kes, Oga Tripindes, SKM, dan Zulmi Ismaleni, Amd,Keb yang bertugas sebagai bidan desa di Nagari Riak Danau tersebut,” timpalnya.