Berita  

BPBD Pessel Imbau Warga Waspadai Ancaman Abrasi Pantai Terkait Fenomena Full Moon

FIKIR.ID – BPBD Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar ungkap soal ancaman abrasi pantai terkait adanya perubahan pasang surut air laut akibat fenomena Full Moon yang diprediksi BMKG.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan BPBD Pessel, Dony Boy mengungkapkan, terkait prediksi BMKG soal pasang surut air laut akibat Full Moon, pihaknya sudah lebih awal mengingatkan masyarakat.

Ia mengatakan, selain potensi banjir rob yang diprediksi BMKG, pihaknya juga mengingatkan masyarakat soal potensi abrasi pantai yang menjadi ancaman di daerah itu.

“Soal banjir rob ini selama siklus sekarang ada di Pessel, tapi tidak mengkhawatirkan. Yang mengkhawatirkan abrasi pantai yang sering terjadi,” ungkapnya, Rabu 21 Agustus 2024.

Mengamati hal tersebut, BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak panik terhadap kondisi itu. Namun, masyarakat diminta untuk selalu waspada.

Dony Boy menjelaskan, untuk potensi abrasi pantai yang terpantau di beberapa kecamatan, diantaranya Kecamatan Bayang di kawasan Pantai Pasar Baru, Pantai Salido Kecamatan IV Jurai dan Pantai Sumedang di Ranah Pesisir.

“Untuk sepanjang pesisir Pantai ini, kira sudah mengimbau masyarakat untuk waspada dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam penanganannya karena ini wilayahnya di bawah BWS V,” ujarnya.

error: Content is protected !!