Berita  

53 PPPK Padang Panjang Jalani Orientasi di PPSDM Kemendagri

FIKIR.ID — Sebanyak 53 Pegawai Pemerintah dalam Perjanjian Kerja (PPPK) Formasi Guru, Teknis dan Kesehatan di lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang jalani Orientasi di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri Regional Bukittinggi, Kabupaten Agam, Selasa (10/7/2024).

Dibuka Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah, Dr. Winarno, ME, mereka terdiri dari 52 PPPK Tahun 2023 dan satu PPPK Tenaga Teknis Tahun 2022. Orientasi berlangsung selama lima hari, 8-12 Juli 2024.

Winarno menyampaikan, orientasi ini sangat strategis dalam memberikan pemahaman kepada PPPK yang baru diangkat. Sehingga dapat memahami agenda tugas dan fungsi ASN termasuk etika dan nilai di instansi pemerintah.

“Pengangkatan PPPK ini bertujuan memenuhi kebutuhan aparatur negara yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi serta kolusi dan nepotisme,” ujarnya.

Sebanyak 53 PPPK yang terpilih ini sebagian besar merupakan Tenaga Non-ASN yang telah mengabdi di lingkungan Pemko Padang Panjang dan sebagian besarnya berasal dari jalur umum.

“Menjadi PPPK saat ini dengan latar belakang berbeda maka perlu dilakukan pembekalan guna menyamakan dan menyempurnakan pemahaman tugas dan fungsi ASN, serta nilai dan etika yang mesti dipenuhi di instasi pemerintah,” tuturnya lagi.

Peserta orientasi dibekali pengetahuan terkait wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika. Serta pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara dan budaya organisasi. Sehingga mampu melaksanakan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan dan tugas pembangunan tertentu secara profesional.

“Tumbuhkan disiplin dan etos kerja yang tinggi, teruslah berinovasi dan berkontribusi. Sehingga saudara akan semakin memberikan dampak yang positif untuk meningkatkan kualitas diri dalam pelayanan di instansi tempat saudara bertugas,” harap Winarno.

Narasumber yang memberikan wawasan selama orientasi ini, di antaranya Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi, Sarjayadi, Ketua Tim Pengembangan Kompetensi pada PPSDM, Aryo Fernandes, S.Si, Anggota Tim Pengembangan Kompetensi PPSDM, Anggy Reonal, S.STP dan Pemerintah Kota Padang Panjang.

Ikut hadir pada pembukaan orientasi, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rudy Suarman, A.P, Kepala Bidang Diklat Kinerja dan Informasi Kepegawaian BKPSDM, Dian Eka Purnama, SE, M.Si, dan jajaran serta undangan lainnya.

error: Content is protected !!